HIS Radeon HD 5770 1GB DDR5 Review

Kupaskomputer.com - Untuk diketahui radeon HD 5770 merupakan GPU pertama dari AMD yang telah menggunakan directx 11 yang rilis akhir tahun 2009. Awal rilis vga hd 5770 ini harganya mencapai 2 juta keatas. Cukup wajar memang karena vga ini ditujukan untuk kelas mainstream. Tetapi sekarang harga pasaran sekennya di antara 600-800 ribuan tergantung merk yang dijual.


HIS Radeon HD 5770 1GB DDR5 Review

Walaupun sudah berumur, tapi vga seri ini masih banyak yang memburunya dikarenakan kemampuan vga ini masih cukup untuk menjalankan game-game kelas berat walaupun pengaturan pada game harus menyesuaikan agar game berjalan mulus tanpa ada lag. Apalagi syarat untuk menjalankan game-game terkini vga harus support directx 11. 

Hal yang berbeda terjadi pada AMD seri sebelumnya, seperti seri HD 4000 yang dengan terpaksa harus menjual dengan harga dibawah rata-rata karena cuma support directx 10 yang mengakibatkan game tidak bisa dijalankan. Contoh beberapa game yang menuntut directx 11 seperti Call of duty Ghost dan Crysis 3, 

Ok, sekarang kita kembali lagi ke HD 5770. Kebetulan saya menggunakan vga dari HIS Radeon HD 5770. Game test yang saya gunakan yaitu Battlefield 4, FarCry 3, Call Of Duty Ghost dan Need For Speed Most Wanted 2. 

Spesifikasi komputer yang saya gunakan untuk uji coba pada vga sebagai berikut : 
  • Intel Core i3 4130 3.4Ghz
  • RAM 4GB Dual Channel
  • VGA HIS Radeon HD 5770 1GB DDR5 128bit
  • Driver AMD Catalyst 13
  • Windows 7 Ultimate 64 Bit SP1
  • Resolusi monitor 1366 x 768

Sekarang kita lihat hasil yang didapat dari Windows Experience Index


Hasil Windows Experience Index
Hasil Windows Experience Index
1. Battlefield 4
Battlefield adalah satu rival berat dari game call of duty. Dimana mereka saling bersaing untuk merebutkan hati para gamer. Game battlefield 4 sendiri merupakan game yang menampilkan grafis tinggi. Saya sudah mencoba menggunakan settingan terbaik dari game ini tetapi ternyata vga ini tidak mampu menjalankannya dengan mulus, terasa lag dan tidak nyaman. Akhirnya saya mengatur settingan di medium. Dan game pun berjalan mulus walaupun dibeberapa area yang terlalu banyak objek bergerak fps bisa drop.

2. FarCry 3
Game yang memiliki suasana alam yang sangat indah apabila diatur pada settingan terbaik, namun karena hasil yang tidak maksimal pada game battlefield 4 menjadikan saya ragu untuk menjalankan game tersebut di Ultra setting. Dengan settingan medium, vga ini bisa menjalan game dengan mulus dan fps tembus diatas 50, ini berarti kemampuan vga HD 5770 masih sangat baik. 

3. Call of duty Ghost Company
Saingan terberat game battlefield baik dari segi grafis maupun gameplay. Seri ghost merupakan seri yang termasuk baru dari call of duty. Game yang bertemakan perang ini cukup membebani kemampuan vga bila diatur ke settingan terbaik. Dengan settingan medium game berjalan diatas 30 fps, dan masih cukup nyaman untuk memainkannya. 

4. NFS Most Wanted 2
Game yang bertemakan racing ini tidak bisa dianggap remeh. Sebagian vga tidak bisa berjalan dengan baik apabila game disetting maksimal. Namun karena kemampuan vga ini sudah teruji di game-game sebelumnya, saya merasa yakin untuk mengatur game dengan settingan tertinggi. Hasilnya bisa dilihat sendiri. Game berjalan diatas 40 fps. 


Dari keempat game yang saya uji cobakan hasilnya cukup memuaskan untuk vga yang sudah berumur. Dengan harga yang cukup bersahabat vga ini sangat layak dibeli dibanding membeli vga baru dengan rentang harga yang sama, ambil contoh vga GT 630. Harga vga gt 630 di kisaran 600-700 ribuan tergantung kapasitas memori dan merk yang digunakan. 

Semoga review singkat HIS Radeon HD 5770 1GB DDR5 ini bisa memberikan gambaran bagi sobat yang lagi mencari vga dengan harga murah tetapi tetap memiliki kinerja yang cukup baik.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel