Digital Alliance HD 5570 1GB DDR3 Review

Kupaskomputer.com - Tak lengkap rasanya kalau tidak menguji coba vga dari AMD untuk kelas entry level. Ya, saya akan coba menyajikan review singkat dari vga Digital Alliance AMD Radeon HD 5570 1GB DDR3 128bit. Walaupun vga ini sebenarnya sudah sangat lama rilis dan radeon seri HD 5000 merupakan vga pertama yang menggunakan directx 11 tetapi saya merasa yakin bahwa vga ini masih memiliki kemampuan untuk memainkan game-game terkini.


Digital Alliance HD 5570 1GB DDR3 Review

Spesifikasi lengkap komputer untuk melakukan uji coba pada vga ini
  • Intel Core i3 4160 3.6Ghz
  • RAM 8GB Dual Channel
  • VGA DA AMD Radeon HD 5570 1GB DDR3 128bit
  • Driver AMD Catalyst 13.12 (udah paling mentok)
  • Windows 7 Ultimate 64bit SP1
  • Resolusi monitor di 1366 x 768

Untuk gamenya sendiri tidak jauh berbeda seperti yang pernah saya lakukan pada GT 630 dan Intel HD Graphic 4400. Kenapa saya hanya mengandalkan game-game tersebut? game yang gunakan untuk uji coba ini sudah mewakili game-game lainnya. Kurang lebih sebagai tolak ukur akan kemampuan vga ini.

Sekarang kita lihat terlebih dahulu hasil dari aplikasi GPU-z dan juga hasil yang didapat dari Windows Experience Index.

Secara kasar performanya tidak akan jauh berbeda dengan vga nvidia GT 630 1GB DDR3 maupun Intel HD Graphic 4400. Walaupun sebenarnya hasil dari GPU-z menunjukkan ada perbedaan pada bandwidth, kecepatan GPU maupun memory, juga hasil dari WEI yang sedikit dibawah GT 630 dan juga Intel HD Graphic 4400. Lalu apakah performanya juga sama dengan dua vga tersebut? hmm... silahkan disimak review singkatnya berikut.


1. Pro Evolution Soccer 2015

Sedikit mengejutkan memang dari hasil yang didapat oleh game pes 2015 ini. Semuanya terdeteksi GOOD padahal secara spesifikasi dibawah dari vga intel maupun gt 630. Seperti biasa, game ini berjalan sangat mulus tanpa kendala apapun. Cukup wajar memang, game yang paling banyak dimainkan sudah seharusnya tidak meminta spesifikasi yang terlalu tinggi agar setiap orang masih mampu memainkannya.


2. Medal Of Honor Warfighter

Dengan settingan low mengingat akan spesifikasi yang hampir sama ternyata hasilnya cukup mengejutkan. Game berjalan di atas 20 an fps dan saya sendiri merasa masih cukup nyaman memainkannya walaupun banyak objek disekitar yang bergerak seperti ledakan dan lainnya tetapi game masih berjalan mulus.


3. Call of duty Advance Warfare 

Lagi-lagi vga Digital Alliance HD 5570 1GB DDR3 ini menunjukkan kemampuan yang cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, fps yang didapat ternyata bisa tembus diatas 30 fps. Game yang tergolong berat ini saya jalankan pada mode low setting, hasilnya game masih berjalan cukup mulus dan masih sangat nyaman untuk dimainkan. Saya mencoba untuk melakukan battle di area terbuka dengan banyak objek, dampak penurunan fps tidak terlalu terasa. Hmm... cukup mengesankan untuk vga yang masih menggunakan chipset yang lama.


4. Crysis 3

Terlihat dari gambar diatas fps yang didapat tidaklah terlalu tinggi. Cukup wajar mengingat game ini menginginkan vga yang powerfull untuk menjalankannya. Game berjalan tidak terlalu mulus, walaupun untuk area tertentu masih cukup stabil namun ketika terlalu banyak objek membuat vga ini cukup kewalahan untuk menangani game crysis ini.


5. FarCry 4

Setelah mendapati kemampuan vga ini di game crysis, saya merasa ragu kalau vga ini mampu menjalankan game farcry 4 ini walaupun di mode low setting. Bisa dilihat hasil fps yang didapat vga ini. Rata-rata yang didapat hanya belasan fps dan game terasa tidak terlalu nyaman untuk dimainkan. Walaupun sebenarnya masih bisa didapat fps yang lebih tinggi dengan cara menurunkan resolusi dari game ini.


Dari hasil uji coba game pada vga Digital Alliance HD 5570 1GB DDR3 128bit ini ternyata hasilnya tidaklah terlalu buruk mengingat tipe gpu yang digunakan sudah cukup berumur. Dan vga seri inipun sepertinya sudah langka di pasaran untuk barang barunya.

Semoga artikel "Digital Alliance HD 5570 1GB DDR3 review" ini bisa memberikan manfaat buat sobat dan bisa dijadikan referensi buat sobat yang menginginkan vga murah tetapi masih bisa memainkan game-game terkini walaupun di low setting.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging