Cara Mudah Mencari Driver Motherboard (MSI)

Kupaskomputer.com - Seperti yang saya jelaskan sebelumnya disini, fungsi driver kurang lebih sebagai pengendali perangkat keras komputer dengan aplikasi yang ada. Kebanyakan orang akan kesulitan ketika mencari driver yang tepat untuk perangkat kerasnya, saya ambil contoh driver motherboard. Sampai-sampai takut kehilangan CD/DVD driver yang didapat dari motherboard. Tenang, jangan sampai galau gara-gara driver tidak ada. Yang dibutuhkan hanyalah koneksi internet, segelas kopi hangat dan juga pikiran yang sehat hehe.

Disini saya mengambil contoh mainboard dari MSI. Kebetulan saya menggunakan Windows 7 64 bit. Harap di ingat untuk versi windows sendiri tidak berpengaruh. Contoh "Gan saya menggunakan Windows 7 versi ultimate, terus saya mau download kok gak ada pilihan ya"?. Ketika kita akan mendownload dari sumber internet, tidak akan ada pilihan windows 7 versi berapa, yang ada hanya windows 7 versi 32bit atau 64 bit. Jadi yang perlu kita cari adalah driver motherboard dengan sistem operasi windows 7 64 bit.


Langkah mudah mencari driver Motherboard MSI

1. Pastikan terlebih dahulu merk dan serinya sebelum mencari driver di situs resminya ataupun di google search, disini kebetulan saya menggunakan motherboard MSI dengan seri B85-G41 PC Mate. Seri MSI ini sendiri biasanya terletak ditengah motherboard namun ada juga yang meletakan tulisannya di sebelah slot RAM.


Lihat serinya dibawah merk MSI
Lihat serinya dibawah merk MSI
Seri lengkap motherboardnya
Seri lengkap motherboardnya
2. Kalau sudah yakin dengan seri motherboard MSInya, silahkan sobat kupaskomputer untuk menuju situs resmi MSI atau langsung saja klik disini

3. Disini saya menggunakan cara manual untuk mencari driver motherboard msi milik saya. Cara ini pada dasarnya lebih spesifik ketimbang kita cara secara otomatis. Silahkan sobat klik "Download & Manual" maka akan muncul "Find Product"


Klik pada Download & Manual
Klik pada Download & Manual
4. Sekarang masukkan pilihan berdasarkan spesifikasi dari motherboard, saya berikan urutannya dan sedikit penjelasannya. 
  • Untuk pilihan pertama ini, karena produk MSI sendiri ada juga kartu grafis, maka pilihan kita adalah Motherboard 
  • Pilih Intel Platform jika kita menggunakan prosesor intel, atau AMD jika menggunakan prosesor AMD. Kebetulan saya menggunakan produknya intel
  • Pilih soket (soket 1150) - Untuk pilihan ini, ada baiknya mencari informasi mengenai jenis prosesor yang kita pakai. 
  • Sekarang adalah memilih chipset dari motherboard kita, dan chipset MSI ini menggunakan B85
  • Karena sudah jelas seri dari motherboard kita, tinggal klik sesuai serinya (B85-G41 PC Mate)
  • Klik Download, lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini 

Memilih berdasarkan spesifikasi
Memilih berdasarkan spesifikasi
5. Langkah selanjutnya adalah meng klik tab driver dan memberikan pilihan pada Windows 7 64 bit (sesuaikan dengan sistem operasi yang kita pakai). 


Cara mudah mencari driver motherboard (MSI)

6. Langkah terakhir adalah mendownload semua driver yang ada disana seperti driver Audio, LAN, USB, Wifi (kalau ada), Chipset dan VGA. 

Bagaimana cukup mudah bukan mencari driver dari situsnya?mau yang lebih mudah lagi? ini dia caranya. 
a. Masuk ke situs MSI, kemudian klik di bagian Support & Service Location
b. Pada kotak WE SUPPORT YOU, ketikan seri dari motherboard sobat (B85-G41 PC Mate), dan klik tombol search


Cukup mengetikan seri motherboard
Cukup mengetikan seri motherboard
c. Akan muncul motherboard yang dicari, langkah selanjutnya cukup klik "Download" dan ikuti langkah-langkah seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya.


Akan muncul foto dari motherboard kita
Akan muncul foto dari motherboard kita
Apakah aman dengan cara ini? sangat aman dan sangat di rekomendasikan. Biasanya driver dari situs resmi tersebut akan di update (diperbarui) terus sesuai dengan perkembangan dari sistem operasi yang ada.  


Semoga "Cara mudah mencari driver motherboard" ini bisa membantu sobat yang sedang mencari driver terbaru tanpa harus mencari cd driver aslinya kesana kemari. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging