Cara memasang pasta pada prosesor AMD

Kupaskomputer.com - Sebagian dari kalian mungkin ada yang hobi bongkar pasang atau gonta-ganti perangkat komputer? entah itu dengan alasan upgrade ataupun sekedar cuma bersih-bersih. Tips kali ini saya akan memberikan cara yang benar dalam menerapkan pasta/thermal grase pada prosesor. Sebagian dari mereka ada yang mengabaikan pemasangan pasta ini. Pernah saya lihat pasta dipasang terlalu banyak, sampai meluber kemana-mana. Dan ini efeknya pun tidak baik.

Untuk diketahui thermal grase atau disebut juga thermal paste merupakan sebuah cairan kental yang fungsinya sendiri untuk menutupi celah-celah pada prosesor dan sebagai penghantar panas antara prosesor ke heatsink. Tanpanya HSF (Heatsink & Fan) prosesor tidak bisa bekerja secara maksimal. Ini dikarenakan celah yang tidak tertutupi oleh pasta, mengakibatkan panas tidak diserap oleh heatsink. 

Berdasarkan sumber buku yang pernah saya baca, permukaan prosesor yang kita lihat sebenarnya tidak terlalu rata, begitupun juga dengan heatsink prosesor, maka dengan kita memberikan pasta (sesuai dengan petunjuk yang benar), permukaan yang tidak rata tadi akan tertutupi dan efeknya pendinginan prosesor lebih maksimal.

Thermal grase/paste di pasaran harganya relatif. Tergantung kualitasnya. Ada yang dijual seharga 5000 rupiah, ada juga yang diatas 100 ribuan. Hal ini berpengaruh pada kualitas pasta tersebut. Saya sarankan untuk menghindari pasta yang warnanya putih dan encer. Harganya memang menggiurkan, berkisar 5-10 ribu rupiah.  Tetapi saran saya hindari pasta yang terbilang murah tadi. Secara kualitas sudah pasti di ragukan. Apa salahnya kita membeli yang sedikit lebih baik, toh penggantian pasta juga tidak terlalu sering. 

Saya sendiri menggunakan pasta seharga 60 ribuan, yang kualitasnya menurut saya tidak terlalu jelek dan cukup baik digunakan di prosesor. Kalau mau kualitas terbaik, silahkan sobat membeli pasta yang harganya berkisara 100 ribuan. Untuk prosesornya saya menggunakan AMD APU A6 5400K 3.6GHz. 

Langkah-langkah memasang pasta proesor AMD

1. Siapkan terlebih dahulu peralatan tempurnya, seperti Alkohol kadar 70% atau juga bisa menggunakan yang dibawahnya. Alasan saya sendiri menggunakan alkohol dengan kadar tinggi agar cepat mengering, tisu halus ataupun lap halus kemudian pasta prosesor yang saya sebutkan diatas.

2. Bersihkan terlebih dahulu permukaan HSF dan juga permukaan prosesor AMD yang masih menggunakan pasta lama sampai tidak ada bekas pasta di prosesor AMD maupun HSFnya, menggunakan alkohol dan lap halus. Atau bisa juga menggunakan tisu. Cara membersihkannya cukup teteskan alkohol tersebut ke tisu secukupnya. 

3. Gosokkan tisu atau lap yang sudah di tetesin alkohol untuk membersihkan pasta yang lama, begitu juga dengan HSF prosesor. Untuk menuntaskannya, silahkan keringkan menggunakan bagian tisu atau lap yang belum ditetesi alkohol. 

4. Setelah pembersihan dilakukan, sekarang berikan pasta ke prosesor secara secukupnya.  Untuk lebih jelasnya lihat gambar

Meneteskan pasta secukupnya
Meneteskan pasta secukupnya
5. Gunakan kertas tebal untuk meratakan pasta secara merata ke seluruh permukaan prosesor, untuk HSF tidak perlu lagi diberikan pasta. Disini saya meratakan menggunakan alat yang telah disediakan pasta dalam paket penjualan. Namun apabila alat tersebut tidak ada, sobat bisa menggantikannya dengan kartu ATM atau sejenisnya.  

Meratakan pasta
Meratakan pasta
6. Setelah merata ke seluruh permukaan, langkah terakhir adalah memasangkan HSF atau pendingin prosesor AMD nya. Ingat disaat memberikan pasta pada prosesor, pasta jangan sampai meluber kemana-mana. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

Pasta diratakan ke seluruh permukaan prosesor

Bagaimana sobat? cukup mudah bukan menerapkan pasta yang benar? semoga artikel "Cara memasang pasta pada prosesor AMD" ini bermanfaat. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini.
(baca juga : cara memasang prosesor intel)
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel