Cara Mudah Mengganti Keyboard Acer Aspire One D270

Cara Mudah Mengganti Keyboard Acer Aspire One D270
Kupaskomputer.com - Kemarin saya memberikan langkah-langkah mudah untuk melepas keyboard axioo pico pjm. Dan di artikel tersebut saya juga menggunakan alat sederhana buatan sendiri, bukannya saya tidak mau menggunakan alat yang profesional karena saya juga memang tidak punya.

Untuk artikel kali ini saya juga menggunakan alat yang tidak lazim. Sedikit berbahaya memang, namun apabila kita menggunakan secara hati-hati, InsyaAllah tidak akan ada kesalahan yang membuat cacat pada netbook sobat.

Yang kita perlukan disini hanyalah sebuah pisau cutter, yup, kalau memang ada alat serupa bentuknya namun memiliki sisi yang sama dan tidak tajam itu lebih baik lagi. Atau bisa juga kita ganti dengan obeng minus ukuran tipis dan kecil, itu juga lebih baik.


Berikut langkah-langkah dalam mengganti keyboard Acer Aspire One D270

1. Beberapa waktu yang lalu saya share tentang cara melepas keyboard axioo pico dengan tools buatan. Nah kali ini saya menggunakan ujung pisau cutter, hati-hati dalam menggunakannya.


Gambar 1. Alat pelepas keyboard
Gambar 1. Alat pelepas keyboard
2. Setiap mau membongkar netbook/laptop, ada baiknya untuk melepas terlebih dahulu baterai nya untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan.


Gambar 2. Melepas Baterai Netbook
Gambar 2. Melepas Baterai Netbook
3. Pada netbook acer ini ada lima titik pengunci keyboard yang bisa di lepas.  Untuk melepasnya, posisikan ujung pisau untuk mendorong pengunci keyboard acer kedalam, kemudian sambil ditekan kedalam ujung pisau agar masuk, kemudian dorong keatas secara hati-hati. Lakukan hal yang sama untuk ke tiga pengunci selanjut. Untuk pengunci terakhir, pengunci nomor 5, masukkan ujung pisau ke dalam sela keyboard kemudian dorong keyboard ke atas.


Gambar 3. Melepas pengunci keyboard
Gambar 3. Melepas pengunci keyboard
4. Kalau sudah sekarang gunakan tangan untuk menarik pengunci sebelah kanan dan kiri keyboard secara perlahan, ini untuk menghindari tertariknya kabel penghubung keyboard ke motherboard.

5. Posisikan keyboard secara terbalik, langkah terakhir adalah melepas pengunci keyboard. Caranya sedikit berbeda dengan milikinya axioo pico, dorong pengunci ke atas. Tarik kabel penghubung dari pengunci tersebut.


Gambar 4. Melepas pengunci konektor keyboard
Gambar 4. Melepas pengunci konektor keyboard

Untuk memasangnya kembali cukup mudah kok, karena kita hanya memasang kabel penghubung dan mengunci keyboardnya.
  1. Buka terlebih dahulu klip pengunci. Masukkan kabel penghubung ke dalam klik pengunci sampai mentok ke dalam 
  2. Tekan klip pengunci kabel. dan coba tarik perlahan apakah terkunci dengan benar atau tidak. Kalau dirasa sudah terkunci dengan benar, masukkan keyboard yang bawah terlebih dahulu, kemudian cukup tekan area atas keyboard sampai terkunci semuanya.

Tidak terlalu sulit bukan untuk melepas keyboard netbook acer aspire one D270 bukan? asal memiliki kemauan dan kehatian tinggi saya yakin bisa.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging