Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Komputer

Kupaskomputer.com - Share kali ini mungkin terkesan cukup sederhana. Banyak orang bilang ketika ditanya masalah spesifikasi komputer“Wah kalau itu mah gampang, saya tahu”. Memang bagi mereka yang udah lama terjun di dunia komputer, khususnya bagian Hardware, sudah pasti bisa tapi bagaimana bagi kita yang awam? Ya, untuk itulah saya menyajikan artikel ini. 


Kebanyakan orang pun hanya mengetahui spesifikasi komputer beberapa bagian saja seperti jenis prosesor, jumlah ram dan juga kapasitas hardisk. Dan itupun terkadang cuma melihat spesifikasi berdasarkan waktu membeli namun tidak tau spesifikasi lengkapnya. Ambil contoh orang tersebut hanya tahu prosesornya core i3, namun tidak mengetahui seri selengkapnya (core i3 memiliki 4 generasi). Ada juga yang hanya tahu kapasitas ramnya sebesar 2gb tetapi tidak mengetahui jenis ramnya (jenis ram saat ini ada 2 yaitu ram ddr2 dan ddr3). Begitupun yang lain-lain. 


Tetapi tenang ya sob, saya akan mencoba memberikan cara-cara termudah untuk mengetahui spesifikasi lengkap komputer milik kita. Dari prosesor, ram, mainboard, vga dan hardisk yang kita pakai.


Cek spesifikasi melalui Device Manager
Cek spesifikasi melalui Device Manager


A.  Melalui windows itu sendiri

  1. Klik start kemudian klik Control panel, lanjut ke System Security pilih System Properties maka akan terbaca tipe prosesor dan jumlah RAM yang terpasang (hanya prosesor dan ram saja)
  2. Sekarang klik dibagian device manager untuk mengetahui tipe hardisk, vga dan prosesor lebih lengkapnya (lihat gambar)

B. Menggunakan Software tambahan seperti Speccy 

  1. Download terlebih dahulu software speecy (disini) dan Instal program seperti biasanya. 
  2. Setelah di instal program akan langsung terbuka, dan membaca keseluruhan spesifikasi komputer kita. Seperti terlihat pada gambar, speccy memberikan informasi yang sangat lengkap. Dari jenis sistem operasi yang digunakan, prosesor, ram, motherboard, vga (kartu grafis), jumlah hardisk yang terpasang, dvd-rom, dan audio. Cukup lengkap bukan?
Cek spesifikasi menggunakan speccy
Cek spesifikasi menggunakan speccy

C.  Menggunakan perintah DXDIAG

Tekan tombol kombinasi WinKEY + R untuk memunculkan kotak dialog RUN, Kemudian pada kotak dialog tersebut ketikkan DXDIAG dan tekan enter. Maka secara otomatis akan terbuka kotak dialog Directx Diagnostic Tool. Disini kita bisa melihat spesifikasi komputer kita walaupun tidak terlalu lengkap seperti cara di B



Apakah hanya 3 cara ini untuk melihat spesifikasi komputer?

Sebenarnya banyak cara, namun dua cara tersebut adalah cara yang paling mudah. Untuk cara lain mungkin di lain artikel akan saya coba sajikan, kalau saya ada waktu ya sob. 

Terimakasih telah berkunjung ke blog saya. Kritik yang membangun sangat bermanfaat bagi saya dan semoga artikel cara mudah mengetahui spesifikasi komputer ini juga bermanfaat bagi sobat sekalian
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Spesifikasi Komputer"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel