Cara Mudah Melepas Keyboard Axioo Pico

Cara mudah melepas keyboard Axioo Pico
Kupaskomputer.com - Kesal bukan rasanya ketika netbook kesayangan kita rusak? apalagi area keyboad? rasanya ingin marah, tapi mau bagaimana lagi. Mau ganti tapi bingung caranya bagaimana?tenang sob, disini saya akan mencoba memberikan tutorial mudah melepas keyboard axioo pico. 

Tutorial kali ini bukanlah untuk para ahli melainkan orang yang baru ingin belajar membongkar laptopnya sendiri.

Tetapi saya juga menerima krtikan super pedasnya kalau memang saya banyak kesalahan dalam hal penyampaian. Ikuti langkah-langkahnya dalam mengganti keyboard Axioo Pico ini ya sob. 


Cara mudah melepas keyboard Axioo Pico PJM

1. Pertama kali yang harus dilakukan adalah memiliki peralatan pendukung seperti pelepas pengunci keyboard axioo pico. Disini saya menggunakan clip kertas (karena keterbatasan alat, bisa juga menggunakan alat yang serupa), kemudian luruskan clip tersebut, dan lengkungkan sedikit dibagian ujung. Alat ini sebenernya tidak terlalu kuat untuk melepas pengunci keyboad axioo pico, namun karena memang alat lain tidak ada, dicoba aja dulu ya sob. 

Gambar 1. Membuat tools sederhana
Gambar 1. Membuat tools sederhana

2. Jangan lupa untuk melepas baterai terlebih dahulu sebelum melakukan tutorial ini. Ini untuk menghindari dari hal-hal yang tidak di inginkan, karena biarpun netbook dalam kondisi mati, namun masih memiliki arus listrik dari baterai yang terpasang.

Gambar 2. Melepas Baterai
Gambar 2. Melepas Baterai

3. Langkah selanjutnya adalah memasukan ujung klip pada lubang yang ada di dekat keyboard, sampai didasarnya. Dorong klip ke belakang untuk melepas kaitan keyboard. Lakukan hal yang sama setiap lubangnya. Pada netbook axioo pico, ada empat titik pengunci keyboard yang harus dilepas. 

Gambar 3. Melepaskan pengunci
Gambar 3. Melepaskan pengunci

4. Kalau sudah angkat menggunakan jari, tarik keatas secara perlahan. Hati-hati dalam menarik keyboard karena posisi kabel data keyboard masih terkunci. Sekarang posisikan keyboard netbook menghadap atas, untuk melepaskan kabel data keyboard ke mainboard.

Gambar 4. Kondisi Keyboard sudah terlepas
Gambar 4. Kondisi Keyboard sudah terlepas

5. Lepas kabel penghubung keyboardnya dengan cara mendorong pin ke atas baik yang kanan dan kiri (lihat gambar). Dorong secara perlahan kabel penghubung tersebut, kemudian dorong juga kabel penghubung keyboard ke atas secara perlahan dan keyboard Axioo pico siap diganti dengan yang baru (lihat gambar 5)

Gambar 5. Melepas kabel konektor keyboard
Gambar 5. Melepas kabel konektor keyboard 

Untuk memasang keyboard baru, caranya pun tidak terlalu sulit, seperti halnya melepas keyboard.
  • Posisikan keyboard axioo pico secara terbalik, ini untuk memposisikan kabel penghubung keyboard ke mainboard netbook
  • Masuk pin kabel ke dalam pengunci kabel sampai mentok dan sekarang posisikan pengunci di dorong kedalam, area kanan dan kiri
  • Masuk keyboard bagian bawah terlebih dahulu, sekarang tinggal tekan area atas untuk dikunci pada empat pengunci. Biasanya berbunci klik

Demikian Tutorial singkat cara mudah melepas keyboard axioo pico dari saya. Mungkin gak sehebat para master, tapi saya upayakan untuk mudah di mengerti dengan adanya gambar sebagai pelengkap hehe. Kritik dan saran yang membangun sangat saya harapkan demi kemajuan blog ini. 

Jangan lupa meninggalkan komentarnya. 
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging