Cara Mudah Mengetahui Komputer Stabil Atau Tidak

Cara Mudah Mengetahui Komputer Stabil Atau Tidak
Kupaskomputer.com - Cara ini sering dipakai para overclocker untuk memeriksa apakah komputer kita stabil atau malah memiliki masalah. Tetapi bukan berarti para pengguna biasa tidak boleh menggunakan aplikasi yang satu ini.

Karena dengan aplikasi ini minimal kita bisa mengetahui apakah komputer tersebut memiliki masalah stabilitas atau tidak. Harap di ingat untuk menjalankan aplikasi ini waktu yang diperlukan tidaklah sebentar melainkan minimal 24 jam untuk mengetahui hasil yang terbaik.


Namun biasanya, komputer yang tidak stabil akan mengalami crash atau hang ketika aplikasi ini berjalan kurang lebih diatas 3 jam. Namun apabila komputer kita tidak mengalami hang setelah 24 jam, berarti komputer kita cukup stabil apabila ingin menggunakannya berlama-lama

Aplikasi ini sendiri berjalan pada Sistem Operasi 32 bit maupun 64 bit dan sangat mudah dalam penggunaan. Satu lagi, aplikasi ini diberikan secara "gratis". Untuk mendownloadnya silahkan klik disini

Cara Mudah Mengetahui Komputer Stabil Atau Tidak
Penggunaanya sangatlah mudah. Setelah mendownload silahkan jalankan file prime95.exe, seperti terlihat pada gambar di samping. Harap di ingat, sebelum mendownload, sesuaikan dengan sistem operasi yang kita gunakan, ada pilihan 32 bit (x86) atau 64 bit (x64)


Cara Mudah Mengetahui Komputer Stabil Atau Tidak
Setelah itu muncul jendera baru. Klik ok dan program langsung berjalan. Jalankan program ini lebih kurang 24 jam untuk mengetahui hasil yang lebih baik.

Walaupun sebenarnya ada orang yang menyarankan untuk menjalankan aplikasi ini dalam waktu yang lebih lama. Tetapi saya rasa 24 jam itu sudah lebih dari cukup.
 

Kebetulan saya menggunakan prosesor i3 jadi yang terdeteksi adalah 4 core, walaupun realnya dual core. Tutup jendela tersebut, biarkan aplikasi berjalan di background.

Seperti yang saya jelaskan di awal, apabila hanya dalam waktu 3 jam komputer kita mengalami hang/ crash berarti ada permasalahan yang serius pada hardware komputer. Silahkan di cek satu persatu untuk mencari permasalahnnya.

Namun apabila komputer kita tetap stabil walaupun sudah menjalankan aplikasi tersebut diatas 24 jam, ini menandakan komputer kita tidak memiliki masalah yang berarti. Silahkan di stok aplikasinya dengan cara klik file, pilih "STOP".

Sangat mudah bukan cara mengetahui komputer stabil atau tidak? semoga sedikit tutorial ini cukup membantu kita dalam mencari kestabilan pc kita. Kritik dan saran yang membangun akan saya tampung.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

0 Response to "Cara Mudah Mengetahui Komputer Stabil Atau Tidak"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel