Tips Memilih Casing Komputer Yang Tepat

Tips Memilih Casing Komputer Yang Tepat
Kupaskomputer.com - Untuk kali ini, saya akan memberikan tips bagaimana memilih casing yang tepat untuk komputer kita. Casing sendiri di ibaratkan baju buat komputer.

Tanpa casing juga komputer masih bisa dipakai cuma masalahnya akan lebih berbahaya bila tidak menggunakan casing. Casing sendiri berasal dari bahasa Inggris yaitu Case/PC case, terkadang juga disebut dengan casing. 

Kalau dahulu, casing komputer terlihat biasa-biasa saja, berbentuk kotak biasa dan tidak ada modifikasi pada casing tersebut. Dan sepertinya tidak terlalu di utamakan, mungkin karena pada masa itu yang diutamakan adalah kinerjanya. Kalau untuk saat ini, casing menjadi suatu hal yang pokok yang harus di perhatikan. Apalagi bagi para gamer, editing foto dan video, casing yang tepat akan menjadikan pc bekerja lebih baik dan juga salah satu alasan lainnya menjadikan komputer kita terlihat lebih menarik lagi.

Pada saat ini beraneka ragam bentuk casing yang diperjual belikan. Dari yang ukurannya kecil sampai yang terbesar. Modelnya pun cukup beragam, begitupun juga dengan harganya yang bervariasi. Saya lebih mengutamakan fitur-fitur pada casing tersebut dibandingkan harga selangit tetapi minim fitur. Namun semua kembali ke diri kita masing-masing ya sob, karena setiap orang memiliki selera yang berbeda. 

Ukuran PC Case

Umumnya ada 3 jenis ukuran casing yang sering digunakan pengguna komputer untuk merakit komputer idamannya. Walaupun ada juga jenis yang lain seperti Mini ITX (kalau saya tidak salah). Saya tidak akan membahas Mini ITX, namun saya akan fokus ke jenis ukuran pc case pada umumnya. Yaitu  Mini Tower, Middle Tower dan juga Full Tower.

A. Mini Tower


Gbr 1. Penenmpatan fan (kipas)
Gbr 1. Penempatan fan (kipas)
Ukuran paling kecil di antara ke tiga tersebut. Bagi para gamer dan editing lebih baik hindari pc case jenis ini. Karena ukurannya yang cukup kecil membuat perangkat komputer kita tidak mendapatkan aliran udara yang memadai, dan ini membuat perangkat komputer mengalami panas yang berlebih.Casing jenis ini lebih cocok untuk perkantoran. Satu lagi saya tambahkan, kita akan mengalami kendala apabila menggunakan pc case jenis mini tower. Ambil contoh, ketika kita ingin menambahkan perangkat komputer semacam kartu grafis kelas menengah, maka apabila kartu grafis tersebut tidak bisa dipasang, otomatis memaksa kita membeli casing yang lain. Suatu hal yang mubazir bukan? jadi untuk lebih memperhatikan apa yang akan kita beli ya sob.

B. Middle Tower


Ukuran sedang atau diantara mini dengan full tower. Middle tower merupakan ukuran casing pada umumnya. Standar ukuran yang paling banyak digunakan, baik untuk pengguna komputer office, komputer gaming maupun komputer editing. Karena ukuran yang tidak terlalu besar dan juga tidak terlalu kecil alias sedang. Ini adalah pilihan yang paling baik bagi pembeli yang mencari casing baru. Pc case jenis inipun harganya relatif bersahabat. Walaupun sebagian pc case middle tower memiliki harga diatas 1,5 Juta rupiah bahkan ada juga yang sampai 2 jutaan. 

C. Full Tower

Ukuran besar. Casing komputer ukuran full tower biasanya digunakan oleh gamer kelas atas untuk penggunaan tiga kartu grafis sekaligus atau bahkan empat. Tetapi kembali lagi ke kebutuhan komputer kita. Kalau masih menggunakan mainboard kelas entry level, kemudian perangkat komputer apa adanya, ini adalah pemborosan. Kenapa saya bisa bilang seperti ini?pc case jenis ini harganya cukup lumayan. Dan juga harus di ingat bahwa casing ini cukup tinggi. Kalau kita memiliki PSU (Power Supply Unit) dengan kabel-kabel yang cukup pendek, ini lebih merepotkan lagi. Karena kita harus membeli extension kit kabel agar bisa dipasang

Fitur-fitur pada pc case

Ya, saat ini banyak sekali ragam pc case. Sampai kita sendiri dibuat bingung mau memilih yang mana. Tapi kalau sobat mengikuti tips ini, InsyaAllah kebingungan anda akan terjawab. Ada banyak fitur yang ditawarkan dari masing-masing pc case. Tapi ada hal utama yang harus kita perhatikan dahulu, jika tidak akan sia-sia hal tersebut.

A. Jumlah penempatan Fan (Kipas)

Untuk yang satu ini tidak ada kata "TIDAK". Casing yang baik selalu menyediakan fan yang cukup. Karena ini berpengaruh di sirkulasi udara yang baik yang akan menjaga komputer selalu dalam keadaan dingin. Minimal ada 4 tempat untuk meletakan fan (2 fan masuk dan 2 fan keluar). Atau kalau bisa 6 fan sekaligus (3 fan masuk dan 3 keluar).  Terlihat seperti gambar, ada 5 fan yang bisa dipasang (2 fan masuk dan 3 fan keluar). Ingat!, komputer yang bekerja selalu dalam kondisi panas, suatu saat perangkat komputer tersebut mengalami kerusakan.





B. Kabel Manajemen


Ada manejer ternyata hihi.. Ups! bukan, fitur ini berfungsi untuk merapikan kabel-kabel power suply yang bertebaran dimana-mana. Dengan adanya kabel manajemen, komputer lebih terlihat rapi dibandingkan casing yang tidak memilikinya. Wajib ada walaupun tidak juga masih bisa kita gunakan. Dan efeknya apa?selain rapi juga sirkulasi udara didalam casing lebih baik. (Coba lihat perbandingan gambar dibawah antara komputer yang memiliki fitur ini dengan tidak).

Gbr 2. Sebelah kiri tanpa kabel manajemen, sebelah kanan menggunakan kabel manajemen
Gbr 2. Sebelah kiri tanpa kabel manajemen, sebelah kanan menggunakan kabel manajemen


C. USB 3.0 in front panel

Wajib? tidak juga. Tetapi kalau ada malah lebih baik mengingat saat ini sudah mulai banyak perangkat yang menggunakan USB 3.0. Dengan USB 3.0, transfer data komputer ke hardisk eksternal maupun flashdisk akan lebih cepat, dengan syarat perangkat tersebut telah mendukung USB 3.0, kalau tidak, kecepatan transfer pun sama dengan yang 2.0. Untuk diketahui, kecepatan transfer data USB 3.0 bisa mencapai 100MB/s, bandingkan dengan USB 2.0, kecepatan maksimalnya kurang lebih 30MB/s. Hal yang harus diperhatikan, apakah harus kita membeli casing dengan fitur USB 3.0 padahal motherboard yang kita gunakan tidak mendukung untuk front fanel?terasa sia-sia bukan? 

D. Jumlah drive bay

Pada dasarnya, jumlah drive bay yang bisa dipasang tergantung dengan jenis pc case yang digunakan. Drive bay sendiri adalah tempat meletakan hardisk maupun optical drive. Seperti poin pertama tadi, yang paling banyak tentu jenis full tower karena ukurannya besar. Untuk yang middle tower, jenis ini umumnya ada 6 hardisk dan 4 CD/DVD-ROM yang bisa kita pasang. Jadi hal ini tidak terlalu dipusingkan. Karena rata-rata semua pc case middle tower sama. 6 hdd dan 4 dvd.

E. Posisi PSU

Rata-rata pc case saat ini, meletakkan power supply dibawah. Kenapa? karena untuk memaksimalkan sirkulasi yang ada. Dengan posisi power supply dibawah, fan PSU akan menyedot udara segar dari luar kemudian di keluarkan lagi melalui ventilasi psu. Dan juga dengan psu dibawah akan lebih bisa merapikan kabel-kabel power supply (kalau ada kabel manajemen).

F. Transparan pada bagian samping casing

Gbr 3. Akrilik/transparan pada pc case
Gbr 3. Akrilik/transparan pada pc case
Hmm... ini salah satu fitur yang paling saya suka hehe. Dengan adanya transparan (akrilik bening) pada bagian samping casing akan lebih membuat komputer kita enak untuk dilihat. Tentunya dengan kabel yang tertata rapi dan juga fan yang memiliki warna-warna tertentu, seperti warna biru. Tetapi ini juga tidak wajib dimiliki komputer. Kalau ada yang bertanya, sebenarnya apa sih keuntungan casing memiliki fitur ini? selain menarik, kita juga bisa melihat kedalam komputer tanpa harus membuka penutup samping komputer. Dengan begitu, kita bisa selalu memantau perangkat komputer yang ada bekerja dengan baik atau tidak. Penting? silahkan fikirkan sendiri ya. 




Alhamdulilah kelar juga menulis artikel ini. Semoga artikel "Tips memilih casing komputer yang tepat" ini bisa bermanfaat. Mungkin banyak pertimbangan lain dalam memilih. Tetapi saya rasa tips yang saya berikan bisa menggambarkan bagaimana memilih pc case yang sesuai dengan kebutuhan.

Jadi bisa ditarik kesimpulan seperti ini :
  • Casing yang baik banyak fitur seperti USB 3.0, kabel manajemen, jumlah fan dan memiliki akrilik bening
  • Ukuran casing yang disesuaikan, namun lebih disarankan middle tower atau bahkan full tower
  • Harga casing yang disesuaikan, kalau ini lebih ke arah kantong pembeli. Namun rata-rata harga casing dengan fitur komplit dan ukuran middle tower berkisar 600 ribu-an
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel