Speaker PC Desktop Terbaik 2012

Kupaskomputer.com - Setelah sebelumnya saya membahas mengenai tips memilih casing komputer yang tepat, artikel kali ini menyajikan lima speaker pc desktop terbaik 2012. Speaker? kalau diartikan secara gampangnya "pembicara". Namun dalam dunia komputer, fungsi speaker merupakan perangkat keras output yang menghasilkan suara.

Sederhananya, tanpa speaker, komputer pun tetap memiliki fungsi sebagaimana mestinya, namun kita tidak bisa menikmati file audio dan video seperti mp3 atau .avi. 
Untuk kali ini, bagi yang sedang mencari speaker buat pc desktop maupun laptop, ada beberapa pilihan speaker terbaik. Harganya pun bisa di bilang sangat bersahabat, walaupun ada salah satu speaker yang dihargai cukup tinggi.


1.  Klipsch Promedia 2.1

Klipsch Promedia 2.1
Klipsch Promedia 2.1
Sebagian pengguna komputer mungkin sedikit mengenal merk yang satu ini, saya sendiri kurang begitu mengetahui merk klipsch, namun ternyata Klipsch Promedia 2.1 ini termasuk salah satu speaker komputer terbaik 2012. Speaker Klipsch Promedia ini berkonfigurasi 2.1 (2 speaker sattelit dan 1 subwoofer). Berdasarkan dari sumber yang saya baca, speaker ini memiliki kualitas audio yang sangat baik, suara yang cukup powerfull, subwoofer yang sangat kuat dan control audio pada bagian speaker satelit. Namun salah satu kekurangannya sendiri adalah belum adanya remote control seperti speaker berkelas lainnya, walaupun hal ini juga tidak terlalu mengganggu. Dengan harga berkisar 2,5 juta (kalau diluar berkisar $150) cukup layak dijadikan pilihan sebagai pendamping komputer idaman kita. Walaupun sebagian orang menganggap harga 2,5 juta merupakan harga yang tergolong mahal hanya untuk speaker komputer.

2.  Logitech Z2300 / Logitech Z623

Logitech Z623
Logitech Z623
Loh kok ada dua jenis speaker?tenang saya jelaskan dulu ya sob. Speaker Logitech Z2300 sendiri sangat sulit untuk didapatkan saat ini. Dan sebagai penggantinya adalah Logitech Z623. Untuk urusan kemampuan, antara Logitech Z2300 dengan Logitech Z623 mungkin berbeda tipis dan berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, speaker ini menghasilkan suara yang kuat dan sangat di rekomendasikan sebagai speaker komputer kita. Harganya sendiri hampir 2 juta rupiah (harga amazon cuma $150), sedikit lebih murah apabila kita bandingkan dengan Klipsch Promedia. Lumayan untuk menghemat kantong. Oh ya untuk fitur yang diusung oleh speaker ini yaitu 200W sound system, bersertifikat THX, adanya tempat jack 3.5 dibagian speaker satelite dan juga pengaturan volume, bass dan trible.

3.   Audioengine 5+

Audioengine 5+
Audioengine 5+
Kalau melihatnya sekilas mungkin sebagian orang menganggap remeh akan kemampuan speaker Audio engine 5+ ini. Namun dibalik kesederhaannya ternyata speaker ini memiliki kualitas yang luar biasa tinggi. Speaker jenis ini sendiri sangat dikenal di kalangan Audiophiles, pencinta musik maupun produser musik begitupun juga dengan DJ. Harganya memang cukup mahal untuk sebuah speaker komputer, berkisar $400 (kalau kita rupiahkan kurang lebih 4 juta rupiah), namun harga yang mahal saya rasa cukup wajar dan terbayar dengan kualitas suara yang sangat tinggi.

4.  Bose Companion 2 Series

Bose Companion 2 series II
Bose Companion 2 series II
Speaker Bose Companion II lebih ditargetkan untuk pengguna komputer desktop yang ingin mendengarkan lagu atau hanya sekedar pelengkap komputer maupun pengganti speaker laptop. Ukurannya sendiri tergolong kecil apabila kita bandingkan dengan speaker-speaker lainnya, namun ukuran kecil ini menjadi alternatif sendiri apabila kita ingin meletakkan speaker komputer tanpa harus dipusingkan dengan pengaturannya. Untuk penggunaannya pun sangat sederhana. Dibagian speaker hanya diberikan jack headphone dan sebuah tombol volume. Harga yang ditawarkan cukup menguras kantong, berkisar 1,4 juta rupiah. Sedikit berlebihan memang apabila melihat harga yang cukup tinggi. Namun semua kembali ke pembeli masing-masing.

5.  M-Audio AV40

M-Audio AV40
M-Audio AV40
Speaker M-Audio AV40 menggunakan konfigurasi yang sama dengan Audioengine 5+. Berdasarkan beberapa sumber yang saya baca, speaker ini memiliki suara yang jernih dan kuat, suara yang ke datar dan bisa digunakan sebagai monitor speaker. Harganya berkisar $150, atau berkisar 1,4 juta. Harga yang cukup wajar mengingat kemampuan yang diusung oleh speaker ini tidak bisa di remehkan.

Lima pilihan speaker pc desktop terbaik tersebut merupakan pilihan terbaik berdasarkan referensi yang saya baca. Memang harga merupakan penghalang bagi kita untuk memilikinya. Walaupun harga tersebut tidak lebih mahal daripada harga satu unit komputer, tetapi cukup berat untuk membelinya. Namun bagi mereka yang menginginkan speaker tanpa mempertimbangkan harganya, pilihan tersebut layak untuk dimiliki.




Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging