Cara Mudah Cek Kondisi Harddisk

Kupaskomputer.com - Kali ini saya akan berbagi tips cara mudah untuk mengetahui kondisi hardisk komputer kita. Terkadang tanpa kita sadari, kita sering mengeluh akan kinerja komputer kita yang menurun. Kinerja komputer kita tidak seperti biasanya, sering BSOD (blue screen of death), hang atau terkadang lancar dan tiba-tiba lag. Dan akhirnya kita beranggapan bahwa sistem operasi kita bermasalah.

Ya, mungkin saja benar mungkin saja tidak. Karena tidak selamanya hal tersebut dikarenakan sistem operasinya. Bisa juga karena kesehatan hardisk yang semakin berkurang, dan tidak menutup kemungkinan hardisk tersebut harus diganti.


Pada dasarnya cukup mudah untuk mengenali komputer kita bermasalah atau tidak. Ambil contoh, apabila kita telah melakukan instalasi windows yang baru namun ternyata masih terasa berat, ada kemungkinan hardisk pada komputer kita mengalami penurunan kesehatan. Atau yang seperti saya sebutkan diatas, sering terjadinya crash/hang, bsod dan lag, itu juga merupakan tanda awal hardisk sudah tidak bagus lagi.


Namun untuk lebih memastikan apakah hardisk kita tersebut dalam kondisi baik atau tidak, saya menganjurkan menggunakan aplikasi tambahan. Cukup ringan dan cukup mudah dipahami. Aplikasi tersebut bernama Speed Fan.



Aplikasi Speed Fan


Kalau kita artikan, speed fan berarti kecepatan kipas, maksud aplikasi ini bisa memantau kecepatan putar kipas prosesor maupun kipas kartu grafis. Loh apa hubungannya dengan hardisk? Aplikasi speed fan pada dasarnya selain berfungsi melihat kecepatan kipas juga untuk memonitor suhu atau panas pada perangkat komputer kita seperti hardisk, prosesor, dan kartu grafis (vga).

Namun aplikasi ini juga bisa mengetahui kesehatan hardisk kita, apakah masih layak digunakan atau malah tidak. Caranya mudah dengan syarat, program ini telah terpasang di komputer, kalau belum ada silahkan di searching terlebih dahulu. Buka aplikasi speed fan. Disini menu yang ditampilkan hanya sederhana dan dibagi beberapa TAB


  • Tab Reading, pembacaan perputaran kipas, monitoring panas/suhu didalam komputer, pembacaan voltase atau daya yang digunakan sebagian perangkat komputer dan konfigurasi kecapatan kipas.
  • Tab Clock, untuk yang satu ini jangan di utak atik ya sob, bagian ini untuk mereka pakar OC (overclocking)
  • Tab Info, lebih kebagian informasi
  • Tab Exotics, bagian ini kurang lebih sama fungsinya dengan tab reading
  • Tab S.M.A.R.T, pada bagian ini kita bisa mengetahui kondisi kesehatan hardisk
  • Tab Chart, pada bagian chart kita bisa melihat suhu, kecepatan kipas dan voltase yang di tunjukkan dengan grafik.


Seperti yang telah saya jelaskan di atas, untuk melihat kondisi hardisk silahkan sobat klik pada tab S.M.A.R.T, dan apabila ternyata kosong, pada tulisan "Hard disk", klik pilihan tersebut dan klik hardisk yang ingin kita cek kondisinya.

Gambar perbandingan
Gambar perbandingan


  Keterangan gambar :
  • Menunjukan suhu perangkat komputer kita. Sebagian terbaca lengkap seperti suhu prosesor, chipset motherboard, hardisk dan juga kartu grafis. Namun ada juga yang sensor panasnya tidak terbaca. Hal ini terjadi dikarenakan teknologi yang mungkin sudah ketinggalan.
  • Gambar kedua ini menunjukkan kondisi hardisk yang kesehatannya sudah turun sangat drastis. Terlihat ada peringatan merah pada bagian Atribut, kemudian pada bagian fitness sudah kosong. Kalau sudah seperti ini, saya menyarankan agar sobat memback up data (menyalin data ketempat lain) di dalam hardisknya untuk menjaga kehilangan data ketika hardisk sudah tidak bisa lagi dibaca atau digunakan.
  • Pada bagian ketiga, terlihat kondisi hardisk yang masih dalam kondisi sempurna. Pada box atribut, terlihat semuanya OK, tidak ada peringatan merah, kemudian pada bagian fitness juga terisi penuh. Ini berarti kondisi hardisk Anda masih sehat.

Ciri-ciri hardisk komputer yang sudah bad sector

Ada beberapa ciri yang cukup mudah untuk dikenali tanpa harus kita cek menggunakan program sejenis.
  1. Booting komputer terasa cukup lama, walaupun akhirnya masuk ke dalam sistem. Tidak seperti biasanya hanya butuh waktu beberapa menit, ini bisa menandakan hardisk komputer mengalami masalah
  2. Apabila sudah masuk ke dalam sistem, respon program tidak secepat seperti biasanya. Membuka satu program pun membutuhkan waktu yang cukup lama.
  3. Komputer bisa hidup tetapi tidak bisa masuk windows disertai dengan suara krik-krik keras didalam komputer. Suara tersebut umumnya ada didalam hardisk komputer
  4. Disaat menghidupkan komputer, muncul tulisan "A read disk error", ini berarti hardisnya minta diganti baru

Cukup mudah bukan untuk mengetahui kondisi kesehatan hardisk kita. Menggunakan aplikasi speed fan atau pun hanya mengandalkan insting kita. Ingat, komputer yang dalam kondisi normal tidak akan mengalami hal-hal yang disebutkan diatas.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging