Free Software yang harus Anda miliki

Free Software yang harus Anda miliki

Kupaskomputer.com - Free software berarti perangkat lunak gratis, maksudnya adalah aplikasi tersebut bebas kita gunakan tanpa harus membelinya dan juga bebas untuk kita bagikan. Kalau berbicara masalah gratis, siapa yang tidak mau? setiap orang pasti menginginkannya bukan? yup, kali ini saya akan menyajikan aplikasi komputer gratis (free software) yang wajib kita miliki. Biarpun merupakan perangkat lunak yang bersifat gratis (free) namun free software ini memiliki fungsi yang sangat baik dan bisa diandalkan. 




Antivirus (Pembunuh dan penangkal Virus)

Avira Free Antivirus

Avira antivirus cukup lama saya mengenalnya. Antivirus yang identik dengan gambar payung yang terbuka ini merupakan salah satu antivirus gratis tapi cukup powerfull memberantas virus-virus saat ini. Avira merupakan perangkat lunak yang dibuat oleh perusahaan antivirus dari jerman. Dahulu Avira disebut dengan nama "Luke filewalker" dan diluncurkan pertama kali pada tahun 1988. Namun yang saya rasakan saat menggunakan antivirus ini adalah sedikit memperlambat booting komputer (waktu hidup komputer).

Avira dahulu dengan sekarang sedikit lebih beda, yang membedakan adalah avira yang saat ini cukup memberatkan komputer disaat melakukan scanning virus. Saya menyarankan untuk tidak menggunakannya dikomputer dengan spesifikasi rendah, semisal pentium 4, walaupun avira ini meminta spesifikasi minimal pentium III, tetapi ada baiknya menjalankan software avira ini di komputer dengan prosesor dual core. Avira sendiri mengeluarkan dua versi antivirus yaitu free (gratis) dan premium (fitur yang lebih komplit dibanding yang free)

AVG Free Antivirus

AVG antivirus merupakan antivirus yang cukup bisa di andalkan. Biarpun bukanlah aplikasi premium namun memiliki beberapa fitur yang cukup lengkap. AVG antivirus yang terbaru ternyata lebih ringan dan tidak terlalu menuntut spesfikasi terlalu tinggi.

Antivirus yang didirikan pada tahun 1991 ini terbukti cukup ampuh untuk menangkal dan membunuh virus yang masuk ke dalam komputer kita. Penggunannya pun tidak terlalu sulit, cukup mudah untuk menggunakan semua fitur yang ada. Saran saya, jangan memasang dua antivirus yang berbeda, ini untuk menghindari bentrok yang terjadi kepada kedua software tersebut. Jadi cukup satu antivirus namun rutin diperbarui database antivirusnya agar antivirus tersebut bisa bekerja dengan baik

Multimedia (Software pemutar Audio dan Video)

WinAMP

Siapa yang tidak mengenal winamp?Saya yakin semua para pengguna komputer tahu akan kegunaan software satu ini. Perangkat satu ini paling banyak dipakai oleh pengguna komputer. Fungsinya sendiri untuk memutar file-file audio seperti mp3, wav, dan file sejenisnya.

Namun winamp juga bisa kita gunakan untuk memutar file-file video, walaupun begitu, winamp kurang memuaskan untuk yang satu ini. Saya lebih menyarankan menggunakan winamp hanya untuk audio sedangkan video lebih baik menggunakan aplikasi yang memang dikhususkan untuknya.

Oh ya dari awal saya menggunakan komputer dan mengenal winamp tidak terlalu banyak perubahan tampilan. Tampilan yang sebenarnya sangat membosankan, namun masih bisa kita atasi dengan mencari skin atau tampilan yang kita inginkan di internet, agar winamp yang kita pakai lebih menarik lagi.

K-Lite Codec Pack/ media player classic

Software satu ini lebih dikhususkan untuk file-file video seperti mp4, avi, mkv, dat dan lain sebagainya. Tampilannya memang cukup sederhana, namun cukup mudah dan terasa ringan apabila digunakan.

Saya sendiri merupakan pengguna setia perangkat satu ini. Walaupun selama saya menggunakannya dari versi ke versi terbaru, tidak ada perubahan yang cukup signifikan pada tampilannya, boleh dibilang tampilannya sedikit ketinggalan dibandingkan program pemutar sejenis.

Office (Aplikasi perkantoran)

Apache Open Office

Ada yang mengetahui software satu ini? saya yakin hanya sebagian kecil pengguna komputer yang telah mengetahuinya. Kenapa saya mengatakan demikian? karena open office pada dasarnya diciptakan untuk sistem operasi linux ubuntu. Namun open office juga menyediakannya untuk pengguna bersistem operasi windows.

Apache open office pada dasarnya memiliki fungsi yang sama dengan Microsoft office. Hanya saja yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office akan sedikit kesulitan untuk mempelajarinya. Karena memang sedikit berbeda peletakan atau editor di open office. Saya sendiri pernah mencoba menggunakannya, memang ketika pertama kali bingung menggunakannya. Ketika sudah terbiasa maka kesulitan tersebut bisa diatasi. Apache open office bersifat free, jadi kita bebas menggunakannya.

Foxit Reader

Foxit reader fungsinya untuk membaca, mencari dan mencetak file berjenis dokumen PDF, memungkinkan kita merancang dokumen pdf yang interaktif, memasukkan gambar, menambahkan keterangan pada pdf dan mengirimkannya.Selama saya mengikuti perkembangan foxit reader, cukup banyak perubahan dari versi sebelumnya.

Dari segi tampilan dan dari segi fitur-fitur yang ditambahkannya. Dan tak kalah pentingnya adalah software satu ini bersifat free. Untuk ukurannya pun tidak terlalu besar, berkisar 30MB.

Browser & Plugin 

Mozilla Firefox

Aplikasi web browser atau aplikasi untuk menjelajah di dunia maya. Pada dasarnya sistem operasi berbasis windows sudah memiliki program untuk menjelajah dunia maya yaitu internet explorer. Namun pada kenyataannya kebanyakan pengguna komputer merasa kurang nyaman menggunakan IE dan lebih memilih aplikasi pihak ketiga seperti mozilla firefox dan google chrome. Saya sendiri malah menggunakan keduanya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, silahkan sobat memilih web browser yang dirasa cukup nyaman digunakan.

Adobe Flash Player

Pernahkah kalin mencoba memutar file video di internet namun ternyata tidak bisa diputar?bahkan muncul peringatan flash player belum terpasang? yup, itu dikarenakan kita tidak memasang atau menambahkan plug in (aplikasi tambahan) untuk web browser kita. Salah satu plug in yang sangat kita butuhkan adalah adobe flash player. 

Adobe flash player merupakan software tambahan untuk memutar file video yang ada di internet. Seperti file yang ada di youtube dan beberapa situs penyedia video lainnya. Sangat penting untuk memasang aplikasi satu ini. Filenya pun tidak terlalu besar, dan cukup ringan digunakan. 

Maintenance (Perawatan System)

CCleaner

CCleaner, dari namanya saya yakin sobat sudah pada tahu. Cleaner dalam bahasa indonesia adalah membersihkan. Program satu ini lebih khusus untuk membersihkan sampah-sampah pada sistem, membersihkan jejak-jejak yang ditinggalkan saat menjelajah dunia maya, dan membersihkan registry yang tidak digunakan lagi didalam sistem.  Imbasnya kepada kinerja sistem komputer kita yang lebih baik lagi dari sebelumnya. 

CCleaner sendiri memiliki banyak tools tambahan, seperti uninstaller atau pembuang aplikasi yang ada di sistem. Untuk penggunaan aplikasi satu ini, saran saya melakukan ccleaner secara rutin untuk menjaga sistem operasi kita dalam kondisi prima, kurang lebih seminggu sekali digunakan. Programnya cukup kecil kok dan sangat ringan saat digunakan. 

Advanced System Care

Kalau software atau aplikasi satu ini tidak jauh berbeda fungsinya dengan ccleaner, namun fiturnya lebih lengkap daripada CCleaner , tetapi bukan berarti tidak bisa dipasang secara bersama-sama. Software ini memiliki beragam fungsi, dari pembersihan sampah di sistem, pembersihan registry bahkan dengan fungsi untuk mendefrag hardisk alias menata ulang data yang ada di hardisk kita. 

Aplikasi ini juga memiliki fitur untuk memonitoring penggunaan sistem kita. Salah satu fitur yang sangat saya sukai adalah pembersih RAM. Yup, dengan melakukan pembersihan pada ram komputer, kita membebaskan program yang sebenarnya tidak dipakai lagi oleh ram komputer namun masih mengambil ram sistem. Dan ini berimbas kepada kinerja komputer kembali fresh seperti pertama kita menghidupkannya. 

Photos and Imaging (penampil foto)

Photoscape

Perangkat lunak yang dikembangkan oleh perusahan korea ini memiliki motto "mudah dan menyenangkan". Memang photoscape merupakan aplikasi untuk editing foto yang sederhana namun cukup mudah penggunaannya dan yang paling saya suka ada "Gratis" hehe. Aplikasi editor yang sangat sederhana.

Picasa

Salah satu software buatan mesin pencari raksasa yaitu google. Picasa fungsinya kurang lebih sama dengan photoscape yaitu sebagai penampil foto dan editor foto. Saya merupakan salah satu pengguna picasa yang paling setia dan sampai saat ini masih saya gunakan. Salah satu fitur yang saya sukai adalah cara picasa dalam menampilkan foto-foto yang ada didalam komputer kita, cukup menarik dan software ini pun cukup ringan untuk dijalankan. Picasa juga bisa terhubung langsung dengan google drive, jadi memudahkan kita dalam memanajemen file foto yang ada di komputer kita.

Sebenarnya masih cukup banyak aplikasi komputer yang bersifat free dan juga cukup powerfull untuk digunakan. Namun karena keterbatasan waktu saya karena saya juga memiliki kehidupan yang sesungguhnya, mungkin pada kesempatan berikutnya saya akan menyajikan software free lainnya. Semoga artikel "free software yang harus Anda miliki" ini cukup berguna.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel