Cara Mudah Mendaftar Twitter

Kupaskomputer.com - Tidak semua orang memiliki akun twitter, dikarenakan memang twitter masih kalah tenar dibandingkan facebook, walaupun begitu banyaknya juga pengguna facebook  yang akhirnya beralih ke twitter.

Cara Mudah Mendaftar Twitter

Untuk diketahui, pendiri twitter yaitu Jack Dorsey sendiri ide awalnya membuat twitter sebagai solusi pengiriman berbasis web. Dan akhirnya Jack Dorsey berhasil menciptakan solusi tersebut dan saat ini cukup banyak yang menggunakannya.

Boleh di bilang twitter merupakan alternatif lain dibanding facebook. Namun twitter memiliki keterbatasan karakter tulisan disaat kita ingin membuat status. 

Twitter lebih cocok disebut microblogging, walaupun pada perkembangannya twitter mengalami banyak perubahan. Pada dasarnya twitter tidak jauh berbeda dengan facebook. Dengan twitter kita juga bisa menemukan teman-teman, kita juga bisa berbagi foto melalui instagram, membuat status walaupun memiliki batasan sendiri dan juga saling berkomentar.

Sebagian orang lebih memilih twitter dibanding facebook dengan berbagai alasan. Alasan lainnya mungkin karena faktor sederhananya tampilan dan cukup mudahnya digunakan. Namun semua kembali ke masing-masing pengguna internet.

Saya sendiri, walaupun memiliki akun twitter, namun sangat jarang saya gunakan. Mungkin karena belum terbiasa sob, jadi saya malas untuk memakainya hehe. Oh ya, sebagian penjual online menggunakan twitter untuk promosi dagangannya layaknya facebook, bahkan ada juga loh jasa menambah followers. Suatu bisnis yang tidak diduga-duga bukan? 


Berikut langkah-langkah dalam mendaftar twitter. 

1. Ingat mendaftar twitter mewajibkan kita memiliki email, silahkan membuat email terlebih dahulu sebelum mendaftar twitter. Kalau memang belum memilikinya silahkan sobat baca kembali cara membuat email. Langkah awal adalah masuk kehalaman twitter. Silahkan ketikkan alamat twitter pada address bar di web browser yaitu www.twitter.com atau  langsung saja klik disini

2. Untuk mempermudah proses pendaftaran, ada baiknya mengubah terlebih dahulu bahasa Inggrisnya ke Bahasa Indonesia. Caranya pun cukup mudah, silahkan sobat klik pada "language English" (letaknya dipojok kanan atas) dan klik "Bahasa Indonesia" (lihat gambar).


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 1. Merubah bahasa laman twitter

3. Pada bagian ini kita diwajibkan memasukkan data pengguna akun twitter seperti halnya facebook. Namun perbedaan yang mencolok antara facebook dengan twitter disaat mendaftar adalah data yang harus di isi. Kita cukup memasukkan nama pengguna, memasukkan email kita dan juga memasukkan password yang akan kita gunakan pada twitter. Usahakan password email dan twitter tidak sama.


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 2. Daftar twitter

Keterangan gambar 2 :

  • Nama lengkap : Kita bisa mengisi nama lengkap kita atau juga nama perusahaan bahkan nama website kita
  • Email : Masukkan alamat email yang aktif ya sob, untuk menyelesaikan proses akhir pendaftaran twitter nanti. 
  • Sandi : membuat kata sandi/password. Harap di ingat, kata sandi yang baik adalah gabungan kata, angka dan simbol. Hindari untuk menggunakan nama kita, tanggal lahir dan nomor telepon dan juga kata sandi yang kita buat minimal 6 karakter atau lebih. Jangan terlalu singkat
  • Daftar ke Twitter : silahkan klik bagian ini apabila kita merasa yakin pengisian datanya sudah benar.


4. Pada halaman berikutnya kita dihadapkan dengan pengisian data kedua, disini data yang akan kita masukkan lebih banyak dibandingkan pengisian data yang pertama. Silahkan isikan data-data tersebut sesuai dengan data yang sesungguhnya.


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 3. Langkah terakhir

Keterangan gambar 3 :

  • Nama lengkap, karena di awal kita sudah memasukkan nama pengguna twitter, maka untuk langkah ini bisa kita skip atau tidak perlu kita masukan lagi. 
  • Alamat email, secara otomatis alamat email yang kita masukkan pada langkah sebelumnya akan terbaca disini. 
  • Buat Kata Sandi, pada bagian ini pun sudah kita masukan di awal, jadi langkah inipun tidak perlu kita isi kembali. Namun apabila sobat merasa tidak yakin, silahkan dibuat ulang kata sandinya. 
  • Pilih nama pengguna Anda, silahkan sobat isi nama pengguna twitter. Boleh menggunakan nama perusahaan, nama pribadi atau nama website.  
  • Buat akun saya, apabila data yang kita isi tersebut dirasa sudah benar, silahkan klik "buat akun saya"


5. Pada langkah berikutnya adalah memasukan kode capca yang diberikan oleh pihak twitter. Sesuaikan dengan tulisan yang muncul ya sob, kalau sudah silahkan klik pada "Buat akun saya". Mungkin ada yang bertanya apa fungsi dari kode capca? pada dasarnya kode capca ini diberlakukan untuk menghindari orang-orang menggunakan program semacam bot.


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 4. Memasukan kode

6. Sekarang tinggal konfirmasi email kita, sama seperti halnya facebook. Kita akan mendapatkan email verifikasi dari twitter. Apabila kita tidak melakukan verifikasi maka akun kita nanti tidak bisa digunakan karena kita tidak bisa membuktikan bahwa email tersebut adalah milik kita. Jadi sangat penting bukan memiliki email yang aktif?


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 5.  Konfirmasi Email kita

7. Setelah melakukan verifikasi email, silahkan buka kembali akun twitter anda. Sampai disini anda sudah memiliki akun twitter. Jangan lupa untuk sign out atau keluar dari twitter kalau sudah tidak menggunakannya lagi.


Cara Mudah Mendaftar Twitter
Gbr 6. Keluar dari twitter.

Tidaklah sulit bukan melakukan pendaftaran pada twitter? yup, asalkan kita ikuti semua terasa indah loh hehe. Ingat gunakanlah semuanya untuk hal-hal positif ya, karena kebanyakan orang memiliki facebook, twitter dan lain sebagainya digunakan untuk hal-hal negatif, seperti penipuan, kejahatan dan sebagainya.
Bynix
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging