Cara mudah mendaftar ke facebook

Cara mudah mendaftar ke facebook
Kupaskomputer.com - Facebook? apalagi ini?makanan kah? yang jelas bukan ya sob hehe. Facebook merupakan situs media sosial yang diciptakan oleh Mark Zuckerberg. Seorang miliarder muda karena ide iseng awalnya yang membuat facebook (buku tatap muka) yang akhirnya menghantarkan Mark menuju puncak kesuksesan.

Sekarang silahkan tanyakan kepada setiap orang? mungkin rata-rata semua orang memiliki facebook, entah itu membuat sendiri atau masih dibuatkan oleh temannya. Walaupun ada juga sebagian orang enggan memiliki facebook dengan alasan-alasan tertentu. 

Saya tidak akan membahas bagaimana terciptanya facebook, mungkin dilain kesempatan saya akan mencoba menyajikannya. Waktu itu saya menyajikan artikel tentang cara membuat email dari yahoo. Dan sudah saya jelaskan bahwa email merupakan kartu identitas didalam dunia maya.

Yup, mendaftar facebook wajib memiliki email, tidak harus email yahoo, email dari google mail pun bisa. Mungkin sebagian sobat menganggap membuat facebook bukanlah hal yang sulit, tetapi tidak semua orang tahu, itulah alasan saya membuat artikel cara mendaftar facebook ini. 

Berikut langkah-langkah mendaftar ke facebook

1. Silahkan ketikkan alamat facebook di addres bar web browser sobat yaitu www.facebook.com kemudian klik enter pada keyboard atau silahkan langsung klik disini

Gbr. 1 Mengetikan alamat facebook
Gbr. 1 Mengetikan alamat facebook

2. Anda akan langsung dibawa ke halaman awal facebook dan kebetulan waktu dibuka dikomputer saya, halaman facebook tersebut berbahasa Indonesia. Kalau memang di komputer sobat ternyata berbahasa Inggris silahkan diatur terlebih dahulu bahasanya, umumnya berada dibawah halaman awal facebook, cukup klik bahasa Indonesia untuk mempermudah proses pendaftaran atau sobat bisa lihat. Untuk lebih jelasnya silahkan sobat lihat gambar 2.

Gbr 2. Cara merubah bahasa di facebook
Gbr 2. Cara merubah bahasa di facebook

Sekarang pada bagian "Mendaftar", masukan data sesusai yang diminta oleh facebook. Bisa dilihat pada Gbr 2.

Gbr 3. Halaman depan facebook
Gbr 3. Halaman depan facebook

Keterangan pengisian data awal :

  • Nama depan : Isikan sesuai nama depan Anda. Saya lebih menyarankan menggunakan nama asli, alasannya untuk mempermudah teman-teman kita yang terlebih dahulu menggunakan facebook. Maksudnya mereka akan dengan mudah mengenali facebook kita dibandingkan menggunakan nama samaran. 
  • Nama Belakang : Isikan sesuai nama belakang Anda. Saya ambil contoh nama Joni Irawan, berarti nama depan adalah Joni, sedangkan nama belakang ada Irawan. Kalau nama kita ada lebih dari dua. Joni Teguh Irawan misalnya? cukup masukkan saja nama Joni diawal sedangkan Teguh Irawan di belakang. 
  • Email Anda : Sekarang kita memasukkan email yang telah kita buat. Baik itu email yahoo maupun email google. Ingat! hanya email yang aktif, kalau tidak facebook yang akan kita daftar tidak bisa diverifikasi. Artinya, facebook kita tersebut tidak bisa digunakan. 
  • Masukan Ulang Email : mengetikan ulang alamat email kita. 
  • Kata Sandi Baru : memasukkan kata sandi/password facebook. Ingat bukan kata sandi email ya sob, melainkan kata sandi yang benar-benar baru dan kata sandi ini digunakan untuk masuk ke akun facebook. Untuk penulisan kata sandi sendiri, saran saya untuk tidak menggunakan nama kita, tanggal lahir, no handphone. Usahakan untuk membuat kata sandi dari gabungan kata, karakter dan angka, minimal 6 karakter. Contoh S@nD1kU
  • Tanggal lahir : isi sesuai tanggal dan tahun kelahiran Anda
  • Jenis Kelamin : klik pada bagian jenis kelaminnya
  • Kalau dirasa sudah benar, maka cukup klik pada "Mendaftar"


3. Setelah klik mendaftar, Anda akan dibawa ke halaman facebook berikutnya. Pada halaman ini apabila kita mengetahui alamat email teman-teman yang lain cukup dimasukkan untuk menambahkan langsung teman yang ada di facebook. Atau cukup klik "Lewati langkah ini" apabila kita ingin menambahkannya nanti kalau sudah selesai membuat facebooknya.

Gbr. 4 Langkah 1
Gbr. 4 Langkah 1

4. Masuk ke langkah 2 atau Informasi profil (gambar 5), kita akan diminta memberikan informasi sekolah, kuliah dan perusahaan. Isikan data sesuai yang ada, kalau dirasa tidak perlu lewatkan saja. Kalau sudah yakin akan pengisian data, klik "Simpan dan Lanjutkan". Masih di langkah 2, anda akan diminta untuk menambahkan orang yang mungkin Anda kenal, lewati langkah ini, karena nanti bisa kita tambahkan sendiri.

Gbr 5. Pengisian data Informasi profil
Gbr 5. Pengisian data Informasi profil

5. Masuk ke langkah 3 (menambahkan foto profil), disini kita diminta untuk memasukan foto profil baik dari komputer maupun dari Webcam (langsung foto dan dijadikan foto profil). Kalau ingin menambahkan foto dari komputer, klik pada "Unggah foto" seperti terlihat pada gambar 6. Harap di ingat, foto yang kita masukan ukuran maksimalnya adalah 4MB, kalau sudah diatas 4MB tidak bisa digunakan karena terlalu besar, kalau sudah, klik "Simpan dan Lanjutkan".

Gbr 6. Langkah 3 memasukan foto profil
Gbr 6. Langkah 3 memasukan foto profil

6. Langkah terakhir, setelah masuk ke facebook, kita diminta untuk menyelesaikan proses pendaftaran (verifikasi email), bisa dilihat pada gambar 7. Klik pada "Buka email Anda" dan anda langsung dibawa ke yahoo.com untuk menyelesaikan pendaftaran facebook ini. Inilah alasan saya, kenapa saya mengharuskan kalian menggunakan email yang aktif.

Cara mudah mendaftar ke facebook


Sekarang kita akan masuk terlebih dahulu ke akun yahoo dan kita akan mendapatkan email dari facebook, untuk melengkapi proses registrasi akhir, klik pada email yang saya tandai dengan warna merah.

Gbr 8. Proses registrasi akhir
Gbr 8. Proses registrasi akhir

Pada tulisan "untuk melengkapi proses pendaftaran, silahkan ikuti tautan berikut" klik pada bagian bawah tulisan tersebut (lihat gambar 9)

Gbr 9. Langkah terakhir
Gbr 9. Langkah terakhir

7. Setelah melewati langkah-langkah diatas, akhirnya facebook Anda siap untuk digunakan. Jangan lupa untuk sign out atau keluar dari facebook, agar facebook anda tidak dipakai orang lain untuk hal-hal yang negatif. Untuk sign out, cari simbol bergerigi, klik, kemudian pilih keluar. (lihat gambar 10)

Gbr 10. Sign out dari facebook
Gbr 10. Sign out dari facebook

Cukup mudah dan tidaklah terlalu sulit untuk mendaftar ke facebook. Namun harap di ingat, gunakanlah facebook hanya untuk hal-hal positif. Seperti mencari teman-teman lama yang mungkin telah puluhan tahun tidak bertemu, sebagai promosi barang dagangan atau sekedar mencari hiburan dengan saling bercerita melalui status dan saling berkomunikasi menggunakan chat facebook bahkan ada fitur di facebook yang bisa membuat pengguna saling bertatap muka atau berbicara langsung.
Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel