Berbagai Macam Antivirus Gratis Yang handal

Berbagai Macam Antivirus Gratis Yang handal


Kupaskomputer.com - Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya (baca : free software yang harus anda miliki), antivirus merupakan perangkat lunak yang fungsinya untuk melindungi sistem komputer dari serangan virus komputer atau program jahat lainnya.

Sudah jelas fungsinya sangat penting. Walaupun ada juga yang masih mengabaikan program satu ini dengan alasan "Memberatkan sistem", padahal resiko keamanan data dalam komputer kita sedang terancam apabila kita tidak memiliki antivirus. 


Disini saya akan mencoba menyajikan antivirus yang bersifat gratis tapi cukup mumpuni dalam menangani virus-virus terbaru. Untuk diketahui, dalam 1 hari mungkin ratusan virus telah menyebar di seluruh dunia.



Berikut Antivirus Gratis yang Handal

AVG Free Antivirus

Salah satu antivirus andalan saya untuk menangkal virus. Tampilannya yang semakin lama semakin enak dilihat dan cukup mudah dalam menggunakannya menjadikan antivirus ini cukup banyak dilirik oleh pengguna komputer.

AVG tersedia dalam beberapa versi. Ada juga versi premium apabila sobat menginginkan fitur lebih pada antivirus avg. Untuk urusan kinerja, antivirus ini sangat baik. Dan ternyata ketika melakukan scanning antivirus ini tidak terlalu memberatkan komputer kita. Namun saya juga tidak menyarankan penggunaan antivirus ini apabila masih menggunakan komputer dengan prosesor pentium III dan ram yang tergolong kecil.



AVIRA Free Antivirus

Salah satu pesaing avg dalam hal antivirus. Avira sendiri cukup lama berdiri. Bahkan boleh lebih lama berkecimpung di dunia antivirus. Program ini cukup baik dalam menangani virus-virus komputer. Saya sendiri pernah menggunakannya.

Virus yang terdeteksi langsung diberantas tanpa ampun. Namun satu yang saya sayangkan, avira cukup banyak memakan ram sistem. Dan ini berimbas pada kinerja komputer yang menurun ketika kita melakukan scanning komputer. Saya tidak menyarankan penggunaan antvirus ini apabila spesifikasi komputer kita tidak memadai. 



Avast Free Antivirus

Pilihan alternatif yang cukup pantas apabila menginginkan antivirus handal yang cukup powerfull namun tidak terlalu membebankan kinerja komputer kita.
Yup, avast free antivirus tidak terlalu memberatkan sistem. Baik di saat komputer dihidupkan dan juga disaat melakukan scanning virus pada komputer kita. Bahkan saya juga sudah mencobanya dikomputer dengan spesifikasi terbilang cukup ketinggalan namun ternyata komputer tersebut bisa menjalankan antivirus avast ini dengan baik. 


Ad-Aware Free Antivirus +

Mungkin banyak yang belum mengetahui Antivirus yang satu ini. Terasa asing ditelinga pengguna komputer, karena memang jarang yang menggunakannya. Tetapi ternyata kemampuannya tidak bisa kita remehkan begitu saja.

Saya sendiri pernah menggunakan Antivirus satu ini, ternyata cukup bisa diandalkan. Namun satu kendala yang saya rasakan adalah Antivirus ad-aware ketika saya gunakan untuk melakukan scanning virus, lumayan memberatkan kinerja komputer saya. Mungkin dikarenakan faktor komputer saya yang spesifikasinya tidak terlalu tinggi atau memang antivirusnya yang berat ya?silahkan coba sendiri deh sobat.



Panda Cloud Antivirus

Panda, beruang asal negeri tirai bambu. Ya, antivirus dengan logo beruang ini ternyata termasuk salah satu antivirus gratis yang cukup baik dalam melindungi pc kita dari virus.

Mungkin sebagian dari kita merasa asing dengan antivirus satu ini. Cukup wajar memang, saya pribadi baru mendengarnya malah hehe. Namun setelah saya mencoba, saya merasakan program ini sangat ringan disaat melakukan scanning virus. Kinerjanya sendiri hampir sama dengan avast.


Untuk diketahui semua aplikasi antivirus yang saya sajikan merupakan produk luar. Lantas ada yang bertanya apakah tidak ada antivirus terbaik produk dalam negeri? sebenarnya ada, namun tidak terlalu dikenal diluar sana seperti halnya PCMav buatan majalah PC Media, SMADAV, Ansav dan lainnya. Ingat ya sob, komputer kita wajib menggunakan Antivirus, seperti yang saya jelaskan di awal. Sepertinya sepele, namun ketika kita terkena virus, siapa yang mau disalahkan?




Bynix Saya hanyalah blogger pemula yang ingin sukses didunia blogging

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel