Armageddon Nanotron T1X | casing gaming minimalis

www.kupaskomputer.comKupaskomputer.com - Sudah lama saya ingin menyajikan review casing murah besutan powerlogic yaitu Armageddon Nanotron T1X. Namun kendala waktu yang cukup padat di dunia nyata, membuat saya belum sempat melakukan update artikel di kupaskomputer. Oh ya, ada versi terbaru dari casing ini yaitu Nanotron T2X, perbedaan yang terlihat adalah adanya tempat untuk meletakkan ODD (optical disk drive).
( baca : Gaming Case Armageddon Hectotron T3X)

Seperti yang saya jelaskan diawal, bahwa casing Nanotron T1X merupakan produk besutan power logic. Saya sendiri malah mengira Nanotron T1X merupakan jajaran produknya armageddon ternyata salah besar hehe. Nama power logic sendiri sebenarnya sudah lama bermain di perangkat komputer, khususnya casing. Namun beberapa casing yang baru-baru muncul akhir-akhir ini, membuat power logic bersinar kembali.

Jajaran Armageddon menawarkan casing gaming minimalis namun memiliki fitur-fitur yang menjanjikan, tak lupa harga yang ditawarkan sangat pas di kantong. Walaupun begitu tetap saja ada kekurangan yang terasa pada casing besutan power logic ini. Mau tau apa saja kelebihan dan kekurangan casing Armageddon Nanotron T1X? silahkan dibaca selengkapnya.



Spesifikasi Casing Armageddon Nanotron T1X

Berdasarkan info yang saya dapatkan dari leafroglobal berikut spesifikasi casing Nanotron T1X beserta fitur yang dimilikinya.
  • Memiliki ketebalan casing 0,45mm
  • 1 x USB 3.0, 1 x USB 2.0, 1 x Audio Port dan 1 x Microphone port
  • 1 x 2,5" SSD Mounting
  • 2 x 3,5" Internal Drive Bay
  • Support 5 x 120mm fan (fan tidak termasuk didalam casing)
  • Mendukung motherboard ukuran Mini-ITX dan Micro-ATX
  • Management Cable
  • Support High End Graphic Card dengan panjang 290mm
  • Dimensi 420 x 360 x 200mm 
  • Memiliki berat kosong sekitar 3,2Kg



Paket Penjualan 

Ketika pertama kali mendapati unit ini, box yang diberikan sangat baik. Cukup terlihat jelas produk casing tersebut pada box dan juga informasi yang diberikan. Ukurannya tidak bisa dibilang kecil, malah hampir sebesar casing-casing murah pada umumnya. Tidak butuh waktu lama, setelah saya membuka boxnya, selain casing hanya terdapat beberapa baut tambahan yang diberikan. Tidak ada informasi seperti buku manual. 

Kemudian pada casing Nanotron T1X ini tidak ada satupun fan yang diberikan. Padahal awalnya saya mengira ada satu fan bagian depan, namun ternyata dari boxnya pun sudah dijelaskan "Fan not included" yang berarti fan memang tidak termasuk didalamnya. Cukup wajar memang, apalagi melihat harga yang diberikan casing ini, sangat menggiurkan. Harganya hanya 200 ribuan saja dan kita bisa memborong casing gaming ini. Hmmm.... sangat menggoda bukan?
Box casing Nanotron T1X.jpg
Box casing Nanotron T1X
Kebutuhan Instalasi perangkat pada casing Nanotron T1X.jpg
Kebutuhan Instalasi perangkat pada casing Nanotron T1X


Tampilan Luar dan Dalam Casing

Setelah membuka casing ini keluar dari dalam sarangnya, terlihat betapa menariknya bentuk casing ini. Warna putih dengan variasi warna hitam kemudian dengan logo armageddon menambah cantik casing ini. Warna putih glossy yang diterapkan sama seperti Armageddon Hectotron T1X, begitupun juga dengan side panel bagian samping menggunakan warna gelap. Saya sendiri sih berharap, seri armageddon selanjutnya menggunakan akrilik bening. Supaya isi dalam terlihat lebih wah hehe.
Tampilan depan dan belakang Casing Nanotron T1X.jpg
Tampilan depan dan belakang Casing Nanotron T1X

Pada bagian atas casing ini, hanya terdapat 2 port USB saja (1 x USB 2.0 dan 1 x USB 3.0) dan juga port Audio dan Microphone. Sebenarnya 2 port terlalu sedikit, apalagi casing ini tidak menyediakan drive bay tambahan. Cukup disayangkan namun mungkin karena pertimbangan harga menjadikan armageddon Nanotron T1X memangkasnya. 

Melongok kebagian dalam casing Nanotron T1X cukup bisa memberikan gambaran motherboard yang akan dipasang. Dukungannya hanya sebatas mainboard Micro ATX, jangan coba-coba memasangkan motherboard standar ATX, bisa sakit hati loh. Penilaian saya pribadi mengenai bagian dalam casing ini cukup minimalis. Selain ukuran mainboard yang dipangkas, jumlah drive bay untuk harddisk pun terbilang minim, terhitung hanya 2 harddisk yang bisa dipasang. 
Bagian dalam dan Kabel manajemen Nanotron T1X.jpg
Bagian dalam dan Kabel manajemen Nanotron T1X
Pengkabelan bagian depan Nanotron T1X.jpg
Pengkabelan bagian depan Nanotron T1X

Selain itu, casing Nanotron T1X ini pun tidak menyediakan drive bay untuk ODD (optikal disk drive). Solusinya kita harus membeli DVDROM eksternal sebagai penggantinya. Satu hal kelebihan casing ini adalah kita bisa memasang 5 fan sekaligus, tiga pada bagian depan, satu bagian atas dan satu lagi pada bagian belakang. Cukup baik sirkulasi udara yang diterapkan casing ini. 



Instalasi Perangkat pada Casing Armageddon Nanotron T1X

Pada bagian instalasi perangkat didalam casing Nanotron T1X, saya menggunakan komponen kelas murah, sesuai tema casing ini. Begitupun juga perangkat lainnya. Mainboard yang saya gunakan berukuran micro ATX. Saya memasangkan dua hardisk didalam casing ini, satu berjenis konvensional dan satu lagi SSD. Untuk pemasangan harddisk sendiri tidak terlalu sulit, terbilang cukup mudah dan sederhana. Bahkan pada pemasangan SSD, kita tidak membutuhkan bracket tambahan, hanya memasangkan 4 baut sebagai pengunci SSD tersebut. 

Casing ini pun tidak jauh berbeda dengan saudaranya yaitu Hectotron yang menyediakan ruang untuk mengatur kabel-kabel PSU. Ruang yang diberikan terbilang pas-pasan. Saya sendiri mengalami kendala ketika akan menutup casing samping bagian kanan. Sedikit menggunakan tenaga. Padahal saya sudah berusaha untuk memaksimalkan kabel-kabel tersebut namun masih juga menjadi hambatan. 
Kabel manajemen Nanotron T1X.jpg
Kabel manajemen Nanotron T1X



Kesimpulan 

Casing Armageddon Nanotron T1X memiliki tampilan yang sangat baik. Kecil dan minimalis namun bisa dipasangkan kartu grafis /VGA Card kelas berat didalamnya. Adanya kabel manajemen, port USB 3.0, jumlah fan yang bisa dipasang dan juga side panel akrilik menjadikan casing ini pilihan paling baik untuk gamer bugdet ketat. 

Disamping kelebihan yang telah saya utarakan, ada kekurangan yang cukup saya rasakan disini. Tidak jauh berbeda dengan saudaranya Hectotron, kualitas cat pada Nanotron pun sama, cukup tipis. Bahkan unit yang saya dapatkan pun sudah tergores. Selain itu, ruang pada bagian kabel manejemen tidak terlalu luas dan satu hal lagi, tidak adanya tempat untuk memasang DVD-ROM. 
Cat yang mudah tergores pada Nanotron T1X.jpg
Cat yang mudah tergores pada Nanotron T1X

Casing ini sangat saya anjurkan bagi kalian yang ingin membangun komputer gaming minimalis tapi dengan konsekuensi dihilangkan DVD-ROM dalam list belanja. Harga yang murah namun fitur-fitur didalamnya sangat menggoda. 

Subscribe to receive free email updates:

15 Responses to "Armageddon Nanotron T1X | casing gaming minimalis"

  1. Masih aktif ga adminnya ?mau tnya donk.. Itu kalo tambah kipas..apa tempat kipasnya SUDAH READY/tinggal pasang sekrup atau ad extra ngebor2 sendiri ? Dan gimna jalur kabelnya..sudah ad kabel tinggal sambung ke colokan..atau perlu di sambung manual ?

    Klo bisa pasang 5 kipas..masih inget ukuran kipasnya brp cm ?yg didepan dan belakang kan besar, kalo tambah 3 kipas di bodynya samping ?

    Trus di bagian bawah ada lubang ga ? Sya lagi pilih2 . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempat kipas sudah rede & baut untuk dipasangkan pun udah di sediakan. Klu masalah kabel tinggal di atur sendiri.

      Ukuran kipas rasanya udah jelas om, 12CM semua. Depan klu dak salah 3 bisa dipasang, atas 1 dan belakang 1, total 5 fan. Klu bawahnya gak ada

      Delete
  2. Untuk pembelian nya agan dmna ya.?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan itu punya teman yang saya review :)

      Delete
  3. Kalo Motherboard Nya ASROCK H81M-VG4 MUAT GK SAMA VGA ZOTAC GEFORCE GTX 750 TI:)D

    ReplyDelete
  4. mau tanya, kalau untuk MSI 970 Gaming muat gak ya?

    ReplyDelete
  5. Klo pake his r7 370 OC muat g gan?

    ReplyDelete
  6. Klo buat mobo asus p5g41t-mlx muat gk ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lebih lebar lagi muat kok om hehe

      Delete
  7. Kalo pake motherboard gigabyte f2 A68HM - H sama vga zotac 750 ti muat gak?

    ReplyDelete
  8. Kalo pakek mobo gigabyte H61M ds2 & amd radeon hd 6770 bisa gan?

    ReplyDelete
  9. Ssd nya dipasang dimana dan gimana cara masang nya ya?? Thx

    ReplyDelete